Selasa, 20 April 2010

Mbak Heni, too perfect.

saya punya sepupu, namanya mbak Heni.

dia anak dari kakak ayah saya, Pakde Prapto. (atau biasa dipanggil Pakde To)
tinggalnya di Klaten, tepatnya di rumah Bango.
*FYI:Rumah Bango= Rumah tinggal mendiang Mbah Kakung & Mbah Putri. Ini rumah tempat ayah dan 4 saudara-saudarinya dibesarkan. Tempat jualan sate juga, dulu kan mbah kakung jualan sate kere(sate dari ampas tahu), sate ayam, kambing, sapi, tongseng, dll. Cukup terkenal di Klaten. Salah satu warung sate tertua dan masyhur. Bisnis ini masih diteruskan sampai sekarang. Yang tinggal di rumah Bango sekarang adalah Pakde To, mbak Heni, sama Bu le Ni (nama asli Bu le Margini). Eits, tapi Bu le Ni itu bukan ibunya mbak Heni, tapi adiknya ayah. anak bungsu dari 5 bersaudara. ayah anak ke 3. Ibunya mbak Heni sudah ga ada, meninggal waktu mbak heni baru satu setengah tahun. Itulah kenapa saya bisa apet banget sama sepupu saya yang satu ini.

Mbak Heni bikin minder. cantiik abisnya. cerdas juga. jangan bayangin dia gadis jawa item kurus kering pendek ga terawat. Kulitnya putih langsat bersih. rambutnya panjang terurai, badannya semampai, posturnya pas. Biar lebih gampang, sosoknya seperti Rindu AFI. cuma ga segemuk itu. Dia pake gelang kaki, itu dari mendiang ibunya waktu lahir, cuma diperpanjang rantainya biar muat. satu kata lah buat mbak Heni, seksi. Seksi fisik, seksi otak. hoho

Mbak Heni, meski cantik gitu tapi ga centil sama sekali. Ga minta ini itu. Ga banyak maunya. Kalo orang yang baru ketemu mungkin gakan ngira dia anak Klaten, kota kecil antara Solo dan Yogyakarta. Mungkin ngiranya di mojang Bandung yang KATANYA cantik-cantik. *Iya kecuali yang punya blog ini. hahah.
Soal wujud cantiknya itu, dikarenakan dia rajin lulur sendiri di rumah, rajin minum jamu. (mungkin ini juga salahsatu tujuan ibu saya mencekoki saya dengan jamu. tapi entah mengapa efeknya ga kerasa sampe sekarang). Jamu itu di Klaten kaya susu, 4 sehat 6 sempurna kalo buat orang Jawa. Bisa beli di warung, pasar, atau sua banyak Yu Jamu yang lewat-lewat di depan rumah. tapi bedanya, Jamu di sana lebih kental, mahteg. Hueek. Jamu di Bandung aja udah seubeuh minumnya, lah gimana yang lebih kentel lagi? rasakan aja sendiri nanti kalo ke daerah Jateng beli jamu. mampus Lu.


Jamu, pusaka perawan Jawa (wlee..)

ga berlebihan kok. di Jawa, perawan ga minum jamu sama makruhnya dengan bayi ga minum susu. Jamu buat remaja putri ada banyak macemnya:
1. jamu rapet ayu
2. jamu ratus putri
3. jamu jaga raga
dll.
fungsinya katanya bayak, biar badan ga kegemukan, biar kulitnya bagus, dan biar-biar lainnya. bahkan ada jamu abal yang saya liat di pasar menuliskan "membantu anda agar terlihat lebih cantik dan ayu seperti putri-putri keraton".
whaat? sejak kapan segelas minuman rempah bisa menyulap wajah seseorang agar lebih rupawan? gimana caranya? saya langsung ngakak di pasar waktu itu. dasar, begitulah produsen jamu serbuk yang abal. mengedepankan mitos dan unsur pamohalan dalam promosinya demi penglaris. dan selama ini saya cuma percaya satu hal : jamu bisa menyehatkan badan. udah itu aja. yang lain-lain mah anggap aja pemanis dalam promosi.


hampir perfecto kecuali satu


kembali lagi ke soal mbak Heni. punya pacar namanya mas Indra, anak FISIPOL UGM. Mas Indranya juga cakep. Nice pula. Sekarang mbak Heni kerja di salah satu firma hukum di Jogja, tapi lupa apa namanya. Jadi, karena dia kuliah dan kerja di Jogja, dia sangatamat hapal selukbeluk Jogja. Bukan cuma Malioboro-nya aja. Oh ya, dan bayangin aja, dia tiap hari dulu bulak-balik 35km Klaten-Jogja saban hari buat kuliah. dahsyaat.
di rumah, dia juga anak rajin, selalu bantu Bu Le Ni nyiapain bahan dagang buat jualan sate. Motong daging, marut kelapa, dll. ga pernah ngeluh atau jijikan.

sampai suatu saat bu Le Ni bialang gini :
"Oalaah Heni, kamu ini ya, ayu-ayu kok ngopenani kambil..?" (Oalah heni, kamu ini ya, cantik-cantik kok ngurusin kelapa?")

tapi maksudnya buat muji, bukan mencegah mbak Heni biar ga kerja lagi.
sekarang usianya 23 tahun, belum lama lulus S1 Hukum di UNY.

perfectoo. perfectoo. too perfect.

tapi itu yang mengganjal,
kalung liontin palang yang akrab menggantung terlampau manis di lehernya.
sial.

Tidak ada komentar: